Kisi-kisi Pretest UKG Sosiologi 2017

<![if supportMisalignedColumns]> <![endif]>
No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. Menjelaskan orientasi pembelajaran yang ditekankan pada materi-materi pembelajaran kelas X, XI, XII profesional
2 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. Mengidentifikasi materi metode penelitian sosial setiap jenjang kelas profesional
3 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. Menjelaskan pokok kajian dalam teori sosiologi mikro profesional
4 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. Mengidentifikasi objek kajian sosiologi mikro/makro profesional
5 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami langkah-langkah kerja ilmuwan sosial. Menjelaskan cara kerja ilmuwan social secara ilmiah berdasarkan ciri-ciri kelimuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis (3) profesional
6 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menunjukkan manfaat mata pelajaran Sosiologi. Mengidentifikasi manfaat mata pelajaran sosiologi profesional
7 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan sejarah kelahiran sosiologi profesional
8 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan pemikiran salah satu tokoh yang berperan pada tahap perintis atau founding father sosiologi profesional
9 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan objek kajian sosiologi profesional
10 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menguraikan konsep-konsep sosiologi dalam perspektif fungsionalisme struktural, perspektif konflik, dan perspektif interaksionisme simbolik (3) profesional
11 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis kegunaan dan peran sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial profesional
12 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengkategorikan macam-macam nilai dan norma dalam masyarakat profesional
13 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Merumuskan fungsi nilai dan norma profesional
14 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses yang menjauhkan (disosiatif) profesional
15 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses yang mendekatkan (asosiatif) profesional
16 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian profesional
17 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi agen-agen sosialisasi dalam pembentukan kepribadian profesional
18 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan teori dan faktor-faktor yang membentuk perkembangan kepribadian seseorang melalui proses sosialisasi profesional
19 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi berbagai jenis konformitas dan penyimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat profesional
20 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial berdasarkan definisi sosial profesional
21 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan teori-teori tentang penyimpangan sosial profesional
22 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi usaha-usaha untuk menyesuaikan diri dan mengatasi penyimpangan sosial profesional
23 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru dapat menentukan analisis data penelitian sosial kualitatif (3) profesional
24 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru dapat memutuskan metode penelitian kuantitatf. profesional
25 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu merasionalkan kemungkinan masalah penelitian kualitatif sebelum dan sesudah peneliti ke lapangan profesional
26 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu menerapkan teknik sampling dalam penelitian sosial kuantitatif (3) profesional
27 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan wacana, guru mampu membedakan jenis-jenis penelitian developmental, verifikatif dan longitudinal profesional
28 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan latar belakang terbentuknya kelompok sosial profesional
29 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi perkembangan kelompok-kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat profesional
30 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kelompok sosial profesional
31 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi karakteristik kelompok sosial profesional
32 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis penyebab kemiskinan profesional
33 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi pemecahan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan sebagai masalah masyarakat yang terstruktur profesional
34 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis penyebab kesenjangan sosial ekonomi antara desa dan kota profesional
35 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan ketidakadilan dalam pembangunan ekonomi profesional
36 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan konsep diferensiasi sosial profesional
37 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis konsep masyarakat multikultural profesional
38 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis karakteristik dan penyebab masyarakat multikultural profesional
39 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis konsekuensi masyarakat multikultural profesional
40 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis Multikulturalisme profesional
41 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis integrasi sosial profesional
42 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis manfaat pengetahuan stratifikasi sosial profesional
43 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan sistem stratifikasi sosial yang berlaku dalam masyarakat (3) profesional
44 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menyimpulkan pengaruh stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat profesional
45 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Merumuskan berbagai bentuk konflik dan kekerasan profesional
46 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan perbedaan konflik yang bersifat destruktif dan konflik yang fungsional (3) profesional
47 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memecahkan masalah konflik dalam masyarakat profesional
48 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu menerangkan teori-teori perubahan sosial profesional
49 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial profesional
50 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi agent of change perubahan sosial profesional
51 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi ciri-ciri perubahan sosial dengan pola industrialisasi (3) profesional
52 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu menjelaskan ciri-ciri globalisasi profesional
53 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Dengan disajikan data, guru mampu mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat globalisasi (3) profesional
54 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif globalisasi (3) profesional
55 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menyimpulkan dampak perubahan sosial di era global pada masyarakat agraris profesional
56 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memberi argumentasi tentang dampak positif perubahan sosial profesional
57 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memberi argumentasi tentang dampak globalisasi dan modernisasi bagi kehidupan sosial profesional
58 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis dampak ketidaksiapan menghadapi perubahan sosial profesional
59 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan bias-bias teori modernisasi globalisai profesional
60 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan ketimpangan sosial akibat globalisasi profesional
61 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan konsep kearifan local dalam pemberdayaan masyarakat profesional
62 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengkombinasikan pemberdayaan komunitas lokal menghadapi persiapan global (3) profesional
63 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menyimpulkan strategi pemberdayaan masyarakat profesional
64 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menemukan contoh aksi pemberdayaan komunitas oleh siswa berdasarkan permasalahan sosial yang ada profesional
65 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi tujuan mata pelajaran sosiologi profesional
66 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Disajikan data, guru mampu mengolah materi pelajaran secara kreatif profesional
67 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Menjelaskan makna Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) profesional
68 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Disajikan data, guru mampu memilih masalah Penelitian Tindakan Kelas profesional
69 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. Memanfaatkan teknologi internet dalam berkomunikasi profesional
70 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. Memanfaatkan teknologi internet untuk mencari informasi profesional
71 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran sosiologi yang mampu menjadikan pembelajar yang tangguh pedagogik
72 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Disajikan data, guru dapat membiasakan siswa mengembangkan kecerdasan sosial, emosional, spiritual (3) pedagogik
73 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi (3) pedagogik
74 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik sehingga menjadi pembelajar yang tangguh pedagogik
75 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menyeleksi strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi sosiologi Mengidentifikasi model-model pembelajaran saintifik pedagogik
76 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan Merumuskan pengalaman belajar siswa pedagogik
77 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan Disajikan data, guru mampu menjelaskan tantangan eksternal rasional perubahan kurikulum pedagogik
78 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan Menganalisis SKL, KI, KD dalam Kurikulum 2013 pedagogik
79 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan Disajikan data, guru mampu menyusun pengalaman belajar siswa pedagogik
80 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menganalisis materi pembelajaran sosiologi dengan pembelajaran kontekstual yang mampu membentuk sikap spiritual dan sosial pedagogik
81 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Menerapkan field trip dalam pembelajaran sosiologi pedagogik
82 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. merancang kegiatan pembelajaran pedagogik
83 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. memilih media pembelajaran sosiologi pedagogik
84 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Memilih teknologi informasi yang sesuai untuk membantu belajar mengajar sosiologi pedagogik
85 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. mencontohkan kegiatan pembelajaran kontekstual pedagogik
86 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per (0) Memilih tehnik bertanya yang tepat dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan pedagogik
87 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan manfaat penilaian hasil belajar. pedagogik
88 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. menjelaskan pengertian penilaian autentik (3) pedagogik
89 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar yang berkarakter menghargai diri (3) pedagogik
90 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Disajikan data, guru mengidentifikasi instrumen penilaian pembelajaran (3) pedagogik
91 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menyimpulkan hasil analisis butir soal pedagogik
92 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Disajikan data, guru menyimpulkan laporan hasil belajar dalam penilaian pembelajaran pedagogik
93 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Mengkalkulasi skor menjadi nilai dalam penilaian pembelajaran pedagogik
94 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Menyimpulkan nilai sikap dalam penilaian pembelajaran pedagogik
95 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. mengidentifikasi prosedur penilaian autentik (3) pedagogik
96 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. disajikan format, guru mampu mengidentifikasi instrumen penilaian sikap (3) pedagogik
97 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melakukan refleksi pembelajaran untuk menemukan permasalahan pembelajaran pedagogik
98 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Disajikan wacana, guru mampu menemukan masalah pembelajaran untuk menyusun proposal PTK pedagogik
99 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi karakteristik PTK pedagogik
100 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu disajikan data, guru mampu menyimpulkan siklus PTK pedagogik

Komentar