No |
deskripsi
kompetensi inti |
deskripsi
guru mapel / keahlian |
deskripsi
indikator |
Jenis |
1 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran Sosiologi. |
Menjelaskan orientasi pembelajaran yang ditekankan pada
materi-materi pembelajaran kelas X, XI, XII |
profesional |
2 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran Sosiologi. |
Mengidentifikasi materi metode penelitian sosial setiap jenjang
kelas |
profesional |
3 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran Sosiologi. |
Menjelaskan pokok kajian dalam teori sosiologi mikro |
profesional |
4 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran Sosiologi. |
Mengidentifikasi objek kajian sosiologi mikro/makro |
profesional |
5 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Memahami langkah-langkah kerja ilmuwan sosial. |
Menjelaskan cara kerja ilmuwan social secara ilmiah berdasarkan
ciri-ciri kelimuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis (3) |
profesional |
6 |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran Sosiologi. |
Mengidentifikasi manfaat mata pelajaran sosiologi |
profesional |
7 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan sejarah kelahiran sosiologi |
profesional |
8 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan pemikiran salah satu tokoh yang berperan pada tahap
perintis atau founding father sosiologi |
profesional |
9 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan objek kajian sosiologi |
profesional |
10 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menguraikan konsep-konsep sosiologi dalam perspektif
fungsionalisme struktural, perspektif konflik, dan perspektif interaksionisme
simbolik (3) |
profesional |
11 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis kegunaan dan peran sosiologi dalam mengkaji
berbagai gejala sosial |
profesional |
12 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengkategorikan macam-macam nilai dan norma dalam masyarakat |
profesional |
13 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Merumuskan fungsi nilai dan norma |
profesional |
14 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses
yang menjauhkan (disosiatif) |
profesional |
15 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses
yang mendekatkan (asosiatif) |
profesional |
16 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian |
profesional |
17 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi agen-agen sosialisasi dalam pembentukan
kepribadian |
profesional |
18 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan teori dan faktor-faktor yang membentuk perkembangan
kepribadian seseorang melalui proses sosialisasi |
profesional |
19 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi berbagai jenis konformitas dan penyimpangan
sosial dalam kehidupan masyarakat |
profesional |
20 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
berdasarkan definisi sosial |
profesional |
21 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan teori-teori tentang penyimpangan sosial |
profesional |
22 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi usaha-usaha untuk menyesuaikan diri dan
mengatasi penyimpangan sosial |
profesional |
23 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru dapat menentukan analisis data penelitian
sosial kualitatif (3) |
profesional |
24 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru dapat memutuskan metode penelitian
kuantitatf. |
profesional |
25 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu merasionalkan kemungkinan masalah penelitian kualitatif
sebelum dan sesudah peneliti ke lapangan |
profesional |
26 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu menerapkan teknik sampling dalam
penelitian sosial kuantitatif (3) |
profesional |
27 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan wacana, guru mampu membedakan jenis-jenis penelitian
developmental, verifikatif dan longitudinal |
profesional |
28 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan latar belakang terbentuknya kelompok sosial |
profesional |
29 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi perkembangan kelompok-kelompok sosial dalam
kehidupan masyarakat |
profesional |
30 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi bentuk-bentuk kelompok sosial |
profesional |
31 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi karakteristik kelompok sosial |
profesional |
32 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis penyebab kemiskinan |
profesional |
33 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi pemecahan kemiskinan, kebodohan dan
keterbelakangan sebagai masalah masyarakat yang terstruktur |
profesional |
34 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis penyebab kesenjangan sosial ekonomi antara desa dan
kota |
profesional |
35 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan ketidakadilan dalam pembangunan ekonomi |
profesional |
36 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan konsep diferensiasi sosial |
profesional |
37 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis konsep masyarakat multikultural |
profesional |
38 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis karakteristik dan penyebab masyarakat multikultural |
profesional |
39 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis konsekuensi masyarakat multikultural |
profesional |
40 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis Multikulturalisme |
profesional |
41 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis integrasi sosial |
profesional |
42 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis manfaat pengetahuan stratifikasi sosial |
profesional |
43 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menunjukkan sistem
stratifikasi sosial yang berlaku dalam masyarakat (3) |
profesional |
44 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menyimpulkan pengaruh stratifikasi sosial dalam kehidupan
masyarakat |
profesional |
45 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Merumuskan berbagai bentuk konflik dan kekerasan |
profesional |
46 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menunjukkan perbedaan konflik yang bersifat destruktif dan
konflik yang fungsional (3) |
profesional |
47 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memecahkan masalah konflik dalam masyarakat |
profesional |
48 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu menerangkan teori-teori perubahan
sosial |
profesional |
49 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu menjelaskan bentuk-bentuk perubahan
sosial |
profesional |
50 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi agent of change
perubahan sosial |
profesional |
51 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi ciri-ciri perubahan
sosial dengan pola industrialisasi (3) |
profesional |
52 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu menjelaskan ciri-ciri globalisasi |
profesional |
53 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Dengan disajikan data, guru mampu mengidentifikasi faktor
pendorong dan penghambat globalisasi (3) |
profesional |
54 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi dampak positif dan negatif globalisasi (3) |
profesional |
55 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menyimpulkan dampak perubahan sosial di era global pada
masyarakat agraris |
profesional |
56 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memberi argumentasi tentang
dampak positif perubahan sosial |
profesional |
57 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memberi argumentasi tentang dampak globalisasi dan modernisasi
bagi kehidupan sosial |
profesional |
58 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menganalisis dampak ketidaksiapan menghadapi perubahan sosial |
profesional |
59 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan bias-bias teori modernisasi globalisai |
profesional |
60 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menunjukkan ketimpangan sosial akibat globalisasi |
profesional |
61 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menjelaskan konsep kearifan local dalam pemberdayaan masyarakat |
profesional |
62 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Mengkombinasikan pemberdayaan komunitas lokal menghadapi
persiapan global (3) |
profesional |
63 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menyimpulkan strategi pemberdayaan masyarakat |
profesional |
64 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Menemukan contoh aksi pemberdayaan komunitas oleh siswa
berdasarkan permasalahan sosial yang ada |
profesional |
65 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. |
Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi tujuan mata pelajaran sosiologi |
profesional |
66 |
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai
dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Disajikan data, guru mampu mengolah materi pelajaran secara
kreatif |
profesional |
67 |
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif. |
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus
menerus. |
Menjelaskan makna Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) |
profesional |
68 |
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan. |
Disajikan data, guru mampu memilih masalah Penelitian Tindakan
Kelas |
profesional |
69 |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
mengembangkan diri. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
berkomunikasi. |
Memanfaatkan teknologi internet dalam berkomunikasi |
profesional |
70 |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
mengembangkan diri. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
pengembangan diri. |
Memanfaatkan teknologi internet untuk mencari informasi |
profesional |
71 |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. |
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial- budaya. |
Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik
dalam mendukung pembelajaran sosiologi yang mampu menjadikan pembelajar yang
tangguh |
pedagogik |
72 |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. |
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial- budaya. |
Disajikan data, guru dapat membiasakan siswa mengembangkan
kecerdasan sosial, emosional, spiritual
(3) |
pedagogik |
73 |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. |
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu. |
mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam
pembelajaran sosiologi (3) |
pedagogik |
74 |
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik |
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. |
Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan
saintifik sehingga menjadi pembelajar yang tangguh |
pedagogik |
75 |
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik |
Menyeleksi strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi
sosiologi |
Mengidentifikasi model-model pembelajaran saintifik |
pedagogik |
76 |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan |
Merumuskan pengalaman belajar siswa |
pedagogik |
77 |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan |
Disajikan data, guru mampu menjelaskan tantangan eksternal
rasional perubahan kurikulum |
pedagogik |
78 |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan |
Menganalisis SKL, KI, KD dalam Kurikulum 2013 |
pedagogik |
79 |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan |
Disajikan data, guru mampu
menyusun pengalaman belajar siswa |
pedagogik |
80 |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu |
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran |
Menganalisis materi pembelajaran sosiologi dengan pembelajaran
kontekstual yang mampu membentuk sikap spiritual dan sosial |
pedagogik |
81 |
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik |
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk
kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. |
Menerapkan field trip dalam pembelajaran sosiologi |
pedagogik |
82 |
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik |
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk
kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. |
merancang kegiatan pembelajaran |
pedagogik |
83 |
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik |
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan
dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. |
memilih media pembelajaran sosiologi |
pedagogik |
84 |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu. |
Memilih teknologi informasi yang sesuai untuk membantu belajar
mengajar sosiologi |
pedagogik |
85 |
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. |
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal. |
mencontohkan kegiatan pembelajaran kontekstual |
pedagogik |
86 |
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik. |
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam per (0) |
Memilih tehnik bertanya yang tepat dalam suasana pembelajaran
yang menyenangkan |
pedagogik |
87 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting
untuk dinilai dan dievaluasi sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran
yang diampu. |
Menjelaskan manfaat penilaian hasil belajar. |
pedagogik |
88 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting
untuk dinilai dan dievaluasi sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran
yang diampu. |
menjelaskan pengertian penilaian autentik (3) |
pedagogik |
89 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar yang
berkarakter menghargai diri (3) |
pedagogik |
90 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Disajikan data, guru mengidentifikasi instrumen penilaian
pembelajaran (3) |
pedagogik |
91 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Menyimpulkan hasil analisis butir soal |
pedagogik |
92 |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar. |
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. |
Disajikan data, guru menyimpulkan laporan hasil belajar dalam
penilaian pembelajaran |
pedagogik |
93 |
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran. |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan belajar |
Mengkalkulasi skor menjadi nilai dalam penilaian pembelajaran |
pedagogik |
94 |
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran. |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan pengayaan. |
Menyimpulkan nilai sikap dalam penilaian pembelajaran |
pedagogik |
95 |
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran. |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan pengayaan. |
mengidentifikasi prosedur penilaian autentik (3) |
pedagogik |
96 |
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran. |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan pengayaan. |
disajikan format, guru mampu mengidentifikasi instrumen
penilaian sikap (3) |
pedagogik |
97 |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. |
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan. |
Melakukan refleksi pembelajaran untuk menemukan permasalahan
pembelajaran |
pedagogik |
98 |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu |
Disajikan wacana, guru mampu menemukan masalah pembelajaran
untuk menyusun proposal PTK |
pedagogik |
99 |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu |
Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi karakteristik PTK |
pedagogik |
100 |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu |
disajikan data, guru mampu menyimpulkan siklus PTK |
pedagogik |
<![if supportMisalignedColumns]>
|
|
|
|
|
<![endif]>
Komentar
Posting Komentar