Kisi-kisi Pretest UKG Sosiologi 2017
<![if supportMisalignedColumns]>
<![endif]>
No | deskripsi kompetensi inti | deskripsi guru mapel / keahlia | deskripsi indikator | Jenis |
1 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. | Menjelaskan orientasi pembelajaran yang ditekankan pada materi-materi pembelajaran kelas X, XI, XII | profesional |
2 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. | Mengidentifikasi materi metode penelitian sosial setiap jenjang kelas | profesional |
3 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. | Menjelaskan pokok kajian dalam teori sosiologi mikro | profesional |
4 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memahami materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Sosiologi. | Mengidentifikasi objek kajian sosiologi mikro/makro | profesional |
5 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memahami langkah-langkah kerja ilmuwan sosial. | Menjelaskan cara kerja ilmuwan social secara ilmiah berdasarkan ciri-ciri kelimuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis (3) | profesional |
6 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menunjukkan manfaat mata pelajaran Sosiologi. | Mengidentifikasi manfaat mata pelajaran sosiologi | profesional |
7 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan sejarah kelahiran sosiologi | profesional |
8 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan pemikiran salah satu tokoh yang berperan pada tahap perintis atau founding father sosiologi | profesional |
9 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan objek kajian sosiologi | profesional |
10 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menguraikan konsep-konsep sosiologi dalam perspektif fungsionalisme struktural, perspektif konflik, dan perspektif interaksionisme simbolik (3) | profesional |
11 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis kegunaan dan peran sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial | profesional |
12 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengkategorikan macam-macam nilai dan norma dalam masyarakat | profesional |
13 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Merumuskan fungsi nilai dan norma | profesional |
14 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses yang menjauhkan (disosiatif) | profesional |
15 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi macam-macam atau bentuk-bentuk proses-proses yang mendekatkan (asosiatif) | profesional |
16 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian | profesional |
17 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi agen-agen sosialisasi dalam pembentukan kepribadian | profesional |
18 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan teori dan faktor-faktor yang membentuk perkembangan kepribadian seseorang melalui proses sosialisasi | profesional |
19 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi berbagai jenis konformitas dan penyimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat | profesional |
20 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial berdasarkan definisi sosial | profesional |
21 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan teori-teori tentang penyimpangan sosial | profesional |
22 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi usaha-usaha untuk menyesuaikan diri dan mengatasi penyimpangan sosial | profesional |
23 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru dapat menentukan analisis data penelitian sosial kualitatif (3) | profesional |
24 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru dapat memutuskan metode penelitian kuantitatf. | profesional |
25 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu merasionalkan kemungkinan masalah penelitian kualitatif sebelum dan sesudah peneliti ke lapangan | profesional |
26 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu menerapkan teknik sampling dalam penelitian sosial kuantitatif (3) | profesional |
27 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan wacana, guru mampu membedakan jenis-jenis penelitian developmental, verifikatif dan longitudinal | profesional |
28 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan latar belakang terbentuknya kelompok sosial | profesional |
29 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi perkembangan kelompok-kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat | profesional |
30 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi bentuk-bentuk kelompok sosial | profesional |
31 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi karakteristik kelompok sosial | profesional |
32 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis penyebab kemiskinan | profesional |
33 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi pemecahan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan sebagai masalah masyarakat yang terstruktur | profesional |
34 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis penyebab kesenjangan sosial ekonomi antara desa dan kota | profesional |
35 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan ketidakadilan dalam pembangunan ekonomi | profesional |
36 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan konsep diferensiasi sosial | profesional |
37 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis konsep masyarakat multikultural | profesional |
38 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis karakteristik dan penyebab masyarakat multikultural | profesional |
39 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis konsekuensi masyarakat multikultural | profesional |
40 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis Multikulturalisme | profesional |
41 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis integrasi sosial | profesional |
42 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis manfaat pengetahuan stratifikasi sosial | profesional |
43 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menunjukkan sistem stratifikasi sosial yang berlaku dalam masyarakat (3) | profesional |
44 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menyimpulkan pengaruh stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat | profesional |
45 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Merumuskan berbagai bentuk konflik dan kekerasan | profesional |
46 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menunjukkan perbedaan konflik yang bersifat destruktif dan konflik yang fungsional (3) | profesional |
47 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memecahkan masalah konflik dalam masyarakat | profesional |
48 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu menerangkan teori-teori perubahan sosial | profesional |
49 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial | profesional |
50 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi agent of change perubahan sosial | profesional |
51 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi ciri-ciri perubahan sosial dengan pola industrialisasi (3) | profesional |
52 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu menjelaskan ciri-ciri globalisasi | profesional |
53 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Dengan disajikan data, guru mampu mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat globalisasi (3) | profesional |
54 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi dampak positif dan negatif globalisasi (3) | profesional |
55 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menyimpulkan dampak perubahan sosial di era global pada masyarakat agraris | profesional |
56 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memberi argumentasi tentang dampak positif perubahan sosial | profesional |
57 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memberi argumentasi tentang dampak globalisasi dan modernisasi bagi kehidupan sosial | profesional |
58 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis dampak ketidaksiapan menghadapi perubahan sosial | profesional |
59 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan bias-bias teori modernisasi globalisai | profesional |
60 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menunjukkan ketimpangan sosial akibat globalisasi | profesional |
61 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan konsep kearifan local dalam pemberdayaan masyarakat | profesional |
62 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengkombinasikan pemberdayaan komunitas lokal menghadapi persiapan global (3) | profesional |
63 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menyimpulkan strategi pemberdayaan masyarakat | profesional |
64 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Menemukan contoh aksi pemberdayaan komunitas oleh siswa berdasarkan permasalahan sosial yang ada | profesional |
65 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. | Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi tujuan mata pelajaran sosiologi | profesional |
66 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | Disajikan data, guru mampu mengolah materi pelajaran secara kreatif | profesional |
67 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. | Menjelaskan makna Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) | profesional |
68 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | Disajikan data, guru mampu memilih masalah Penelitian Tindakan Kelas | profesional |
69 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. | Memanfaatkan teknologi internet dalam berkomunikasi | profesional |
70 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. | Memanfaatkan teknologi internet untuk mencari informasi | profesional |
71 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. | Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran sosiologi yang mampu menjadikan pembelajar yang tangguh | pedagogik |
72 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. | Disajikan data, guru dapat membiasakan siswa mengembangkan kecerdasan sosial, emosional, spiritual (3) | pedagogik |
73 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi (3) | pedagogik |
74 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik sehingga menjadi pembelajar yang tangguh | pedagogik |
75 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | Menyeleksi strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi sosiologi | Mengidentifikasi model-model pembelajaran saintifik | pedagogik |
76 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan | Merumuskan pengalaman belajar siswa | pedagogik |
77 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan | Disajikan data, guru mampu menjelaskan tantangan eksternal rasional perubahan kurikulum | pedagogik |
78 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan | Menganalisis SKL, KI, KD dalam Kurikulum 2013 | pedagogik |
79 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan | Disajikan data, guru mampu menyusun pengalaman belajar siswa | pedagogik |
80 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menganalisis materi pembelajaran sosiologi dengan pembelajaran kontekstual yang mampu membentuk sikap spiritual dan sosial | pedagogik |
81 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | Menerapkan field trip dalam pembelajaran sosiologi | pedagogik |
82 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | merancang kegiatan pembelajaran | pedagogik |
83 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | memilih media pembelajaran sosiologi | pedagogik |
84 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. | Memilih teknologi informasi yang sesuai untuk membantu belajar mengajar sosiologi | pedagogik |
85 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. | mencontohkan kegiatan pembelajaran kontekstual | pedagogik |
86 | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per (0) | Memilih tehnik bertanya yang tepat dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan | pedagogik |
87 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan manfaat penilaian hasil belajar. | pedagogik |
88 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | menjelaskan pengertian penilaian autentik (3) | pedagogik |
89 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar yang berkarakter menghargai diri (3) | pedagogik |
90 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Disajikan data, guru mengidentifikasi instrumen penilaian pembelajaran (3) | pedagogik |
91 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menyimpulkan hasil analisis butir soal | pedagogik |
92 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. | Disajikan data, guru menyimpulkan laporan hasil belajar dalam penilaian pembelajaran | pedagogik |
93 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | Mengkalkulasi skor menjadi nilai dalam penilaian pembelajaran | pedagogik |
94 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | Menyimpulkan nilai sikap dalam penilaian pembelajaran | pedagogik |
95 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | mengidentifikasi prosedur penilaian autentik (3) | pedagogik |
96 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | disajikan format, guru mampu mengidentifikasi instrumen penilaian sikap (3) | pedagogik |
97 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Melakukan refleksi pembelajaran untuk menemukan permasalahan pembelajaran | pedagogik |
98 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Disajikan wacana, guru mampu menemukan masalah pembelajaran untuk menyusun proposal PTK | pedagogik |
99 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Disajikan data, guru mampu mengidentifikasi karakteristik PTK | pedagogik |
100 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | disajikan data, guru mampu menyimpulkan siklus PTK | pedagogik |
Komentar
Posting Komentar