Visible Thinking Routines

 Thinking routine (rutinitas berpikir) diartikan sebagai: 

• Alat untuk mempromosikan satu atau lebih jenis berpikir 

• Struktur untuk membantu siswa dalam proses 

• Pola perilaku yang menjalin proses berpikir ke dalam kelas dan membuat hasil berpikir terlihat dan tampak. 

(Harvard Project Zero)


THINK - PAIR - SHARE

A routine for active reasoning & explanation

Tujuan: 

 • untuk menstimulus siswa berpikir tentang sesuatu, dan mengartikulasi pemikiran mereka. 

 • Menstimulus pemahaman melalui pemberian alasan yang aktif dan menjelaskan 

• Menstimulus siswa untuk dapat membagikan pemikirannya dan mendengarkan pendapat orang lain.

Note: bisa dilakukan dengan mengkombinasikan padlet dan breakout room

 

I USED TO THINK ... - NOW I THINK 

A routine for reflecting on how and why our thinking changes

Tujuan: 

 - Menstimulus siswa untuk merefleksikan pemikiran mereka tentang suatu topik 

- Menstimulus siswa untuk bereksplorasi tentang bagaimana dan mengapa terjadi perubahan pemikiran.

 - Menstimulus siswa untuk melatih kemampuan “memberikan alasan” (reasoning) dan hubungan sebab akibat

Note: bisa menggunakan padlet


WHAT MAKES YOU SAY THAT?

A routine for interpretation with justification

Tujuan: 

- Membantu siswa untuk mendeskripsikan apa yang mereka lihat atau ketahui, dan meminta siswa untuk menjelaskannya 

- Menstimulus evidence-based reasoning 

- Menstimulus keberagaman pendapat

Note: bisa menggunakan padlet


SEE - THINK - WONDER

Rutinas yang difokuskan untuk melihat pentingnya melakukan observasi, menginterprestasi dan menstimulus rasa ingin tahu.

Kegiatan yang dilakukan: 

• observasi dengan teliti dan seksama 

• Melakukan interpretasi setelah proses berpikir 

• Menstimulus rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan 

Note: bisa menggunakan padlet, board self


(Sumber: Sri Wahyuni)


Komentar