Visible Thinking Routines
Thinking routine (rutinitas berpikir) diartikan sebagai:
• Alat untuk mempromosikan satu atau lebih jenis berpikir
• Struktur untuk membantu siswa dalam proses
• Pola perilaku yang menjalin proses berpikir ke dalam kelas dan membuat hasil berpikir terlihat dan tampak.
(Harvard Project Zero)
THINK - PAIR - SHARE
A routine for active reasoning & explanation
Tujuan:
• untuk menstimulus siswa berpikir tentang sesuatu, dan mengartikulasi pemikiran mereka.
• Menstimulus pemahaman melalui pemberian alasan yang aktif dan menjelaskan
• Menstimulus siswa untuk dapat membagikan pemikirannya dan mendengarkan pendapat orang lain.
Note: bisa dilakukan dengan mengkombinasikan padlet dan breakout room
I USED TO THINK ... - NOW I THINK
A routine for reflecting on how and why our thinking changes
Tujuan:
- Menstimulus siswa untuk merefleksikan pemikiran mereka tentang suatu topik
- Menstimulus siswa untuk bereksplorasi tentang bagaimana dan mengapa terjadi perubahan pemikiran.
- Menstimulus siswa untuk melatih kemampuan “memberikan alasan” (reasoning) dan hubungan sebab akibat
Note: bisa menggunakan padlet
WHAT MAKES YOU SAY THAT?
A routine for interpretation with justification
Tujuan:
- Membantu siswa untuk mendeskripsikan apa yang mereka lihat atau ketahui, dan meminta siswa untuk menjelaskannya
- Menstimulus evidence-based reasoning
- Menstimulus keberagaman pendapat
Note: bisa menggunakan padlet
SEE - THINK - WONDER
Rutinas yang difokuskan untuk melihat pentingnya melakukan observasi, menginterprestasi dan menstimulus rasa ingin tahu.
Kegiatan yang dilakukan:
• observasi dengan teliti dan seksama
• Melakukan interpretasi setelah proses berpikir
• Menstimulus rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan
Note: bisa menggunakan padlet, board self
(Sumber: Sri Wahyuni)
Komentar
Posting Komentar