Latihan Soal UN Sosialisasi
Latihan Soal UN Sosialisasi
Media Sosialisasi
*Dinda tumbuh menjadi gadis yang memiliki kepribadian sabar, sopan, dan menyanyangi sesama serta hormat kepada yang lebih tua sebagimana yang dilatihkan kedua orang tuanya melalui keteladanan. Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadian Dinda adalah ....
A. keluarga
B. sekolah
C. media massa
D. lingkungan kerja
E. kelompok persahabatan
Fungsi Media Sosialisasi
*Teman sebaya merupakan agen sosialisasi yang banyak pengaruhnya terhadap kepribadian seorang anak, mengingat sebagian besar waktunya dihabiskan bersama. Banyaknya nilai yang didapatkan dari proses ini seperti belajar menghargai kawan, kepemimpinan, kejujuran, setiakawan dan lainnya.
Teman sebaya dalam kaitannya dengan pembentukan kepribadian memiliki fungsi ....
A. meletakkan dasar kepribadian individu
B. memberi perlindungan dari gangguan teman lain
C. menanamkan nilai dan norma
D. membentuk individu siap masuk sekolah
E. membentuk manusia mandiri
Bentuk Sosialisasi
*Bayi lahir ke dunia sebagai organisme kecil yang penuh dengan kebutuhan fisik dan menyita segenap aktivitas orangtuanya. Ia lahir dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa. Dengan sabar orang tua melakukan proses sosialisasi agar nanti anaknya bertingkah laku sesuai standar yang terdapat dalam lingkungan sosial dan kebudayaannya.
Contoh di atas menunjukkan bentuk sosialisasi....
A. primer
B. formal
C. represif
D. preventif
E. sekunder
Tipe Sosialisasi
*Di dalam kelas guru secara rutin mengorganisir proses pembelajaran bagi murid-murid, memberikan penguatan, dan melaksanakan forum diskusi agar murid-murid bisa mandiri dan bertanggung jawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, namun di antara mereka tetap menjaga sopan santun sebagaimana lazimnya. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut, termasuk tipe sosialisasi ....
A. primer
B. formal
C. sekunder
D. nonformal
E. partisipatoris
*Saat masih kuliah Ahmad tidak begitu memperhatikan penampilannya. Ia selalu mengenakan celana jeans dan t-shirt favoritnya, dengan rambut yang dibiarkan panjang tergerai. Ketika menjadi seorang pengacara, penampilan Ahmad berubah menjadi berambut pendek tersisir rapi, memakai kemeja dan dasi lengkap dengan jasnya. Pembentukan kepribadian Ahmad dipengaruhi oleh faktor ....
A. lingkungan keluarga
B. sosialisasi persahabatan
C. lingkungan kerja
D. sosialisasi media massa
E. sosialisasi kekerabatan
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Nilai dan norma sosial yang terkait dengan adab sopan santun diajarkan dan disosialisasikan kepada anak sebagai generasi pewaris budaya masyarakat. Agen yang berperan utama dalam membentuk kepribadian yang sopan dan santun tersebut adalah ....
A. keluarga
B. sekolah
C. lingkungan kerja
D. teman sebaya
E. media massa
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Ketika anak mulai bersekolah, ia mendapat pendidikan tambahan tentang bagaimana cara bergaul dengan teman dan berinteraksi dengan guru di sekolah. Media sosialisasi yang berperan membentuk kepribadian pada contoh tersebut adalah ....
A. keluarga inti
B. sekolah
C. teman bermain
D. tempat bekerja
E. media massa
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Seorang pegawai yang berasal dari desa, di tempat kerjanya menunjukkan sikap dan perilaku yang berbeda dari teman-temannya yang berasal dari kota, seperti cara berbicara, berpakaian, cara mengungkapkan perasaan dan sebagainya. Proses sosialisasi pada contoh di atas menunjukkan bahwa perkembangan kepribadian pegawai tersebut dipengaruhi oleh ....
A. lingkungan alam
B. warisan biologis
C. lingkungan kebudayaan
D. pengalaman unik
E. lingkungan kerja
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Seseorang atau kelompok yang hidup di pegunumgan berbeda kepribadiannya dengan orang yang tinggal di dataran rendah. Faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadiannya adalah ....
A. warisan biologis
B. lingkungan alam
C. pengalaman kelompok
D. pengalaman unik
E. kebudayaan masyarakat
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Guru menasehati siswa agar selalu hidup disiplin, tertib, dan mandiri. Dari deskripsi ini menunjukkan bahwa agen yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian siswa adalah ....
A. keluarga
B. kelompok sebaya
C. lingkungan fisik
D. sekolah
E. media sosial
(UN Sosiologi 2014/2015)
Demikian posting Latihan Soal UN Sosialisasi, semoga bermanfaat untuk anda.
Media Sosialisasi
*Dinda tumbuh menjadi gadis yang memiliki kepribadian sabar, sopan, dan menyanyangi sesama serta hormat kepada yang lebih tua sebagimana yang dilatihkan kedua orang tuanya melalui keteladanan. Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadian Dinda adalah ....
A. keluarga
B. sekolah
C. media massa
D. lingkungan kerja
E. kelompok persahabatan
Fungsi Media Sosialisasi
*Teman sebaya merupakan agen sosialisasi yang banyak pengaruhnya terhadap kepribadian seorang anak, mengingat sebagian besar waktunya dihabiskan bersama. Banyaknya nilai yang didapatkan dari proses ini seperti belajar menghargai kawan, kepemimpinan, kejujuran, setiakawan dan lainnya.
Teman sebaya dalam kaitannya dengan pembentukan kepribadian memiliki fungsi ....
A. meletakkan dasar kepribadian individu
B. memberi perlindungan dari gangguan teman lain
C. menanamkan nilai dan norma
D. membentuk individu siap masuk sekolah
E. membentuk manusia mandiri
Bentuk Sosialisasi
*Bayi lahir ke dunia sebagai organisme kecil yang penuh dengan kebutuhan fisik dan menyita segenap aktivitas orangtuanya. Ia lahir dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa. Dengan sabar orang tua melakukan proses sosialisasi agar nanti anaknya bertingkah laku sesuai standar yang terdapat dalam lingkungan sosial dan kebudayaannya.
Contoh di atas menunjukkan bentuk sosialisasi....
A. primer
B. formal
C. represif
D. preventif
E. sekunder
Tipe Sosialisasi
*Di dalam kelas guru secara rutin mengorganisir proses pembelajaran bagi murid-murid, memberikan penguatan, dan melaksanakan forum diskusi agar murid-murid bisa mandiri dan bertanggung jawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, namun di antara mereka tetap menjaga sopan santun sebagaimana lazimnya. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut, termasuk tipe sosialisasi ....
A. primer
B. formal
C. sekunder
D. nonformal
E. partisipatoris
*Saat masih kuliah Ahmad tidak begitu memperhatikan penampilannya. Ia selalu mengenakan celana jeans dan t-shirt favoritnya, dengan rambut yang dibiarkan panjang tergerai. Ketika menjadi seorang pengacara, penampilan Ahmad berubah menjadi berambut pendek tersisir rapi, memakai kemeja dan dasi lengkap dengan jasnya. Pembentukan kepribadian Ahmad dipengaruhi oleh faktor ....
A. lingkungan keluarga
B. sosialisasi persahabatan
C. lingkungan kerja
D. sosialisasi media massa
E. sosialisasi kekerabatan
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Nilai dan norma sosial yang terkait dengan adab sopan santun diajarkan dan disosialisasikan kepada anak sebagai generasi pewaris budaya masyarakat. Agen yang berperan utama dalam membentuk kepribadian yang sopan dan santun tersebut adalah ....
A. keluarga
B. sekolah
C. lingkungan kerja
D. teman sebaya
E. media massa
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Ketika anak mulai bersekolah, ia mendapat pendidikan tambahan tentang bagaimana cara bergaul dengan teman dan berinteraksi dengan guru di sekolah. Media sosialisasi yang berperan membentuk kepribadian pada contoh tersebut adalah ....
A. keluarga inti
B. sekolah
C. teman bermain
D. tempat bekerja
E. media massa
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Seorang pegawai yang berasal dari desa, di tempat kerjanya menunjukkan sikap dan perilaku yang berbeda dari teman-temannya yang berasal dari kota, seperti cara berbicara, berpakaian, cara mengungkapkan perasaan dan sebagainya. Proses sosialisasi pada contoh di atas menunjukkan bahwa perkembangan kepribadian pegawai tersebut dipengaruhi oleh ....
A. lingkungan alam
B. warisan biologis
C. lingkungan kebudayaan
D. pengalaman unik
E. lingkungan kerja
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Seseorang atau kelompok yang hidup di pegunumgan berbeda kepribadiannya dengan orang yang tinggal di dataran rendah. Faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadiannya adalah ....
A. warisan biologis
B. lingkungan alam
C. pengalaman kelompok
D. pengalaman unik
E. kebudayaan masyarakat
(UN Sosiologi 2014/2015)
*Guru menasehati siswa agar selalu hidup disiplin, tertib, dan mandiri. Dari deskripsi ini menunjukkan bahwa agen yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian siswa adalah ....
A. keluarga
B. kelompok sebaya
C. lingkungan fisik
D. sekolah
E. media sosial
(UN Sosiologi 2014/2015)
Demikian posting Latihan Soal UN Sosialisasi, semoga bermanfaat untuk anda.
Komentar
Posting Komentar