Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu dalam Pembelajaran GP Moda Daring

Dalam sistem pembelajaran GP Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk memberikan kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar pengampu dengan peserta.

Berikut adalah aktivitas pengampu yang akan dilakukan di setiap sesi pembelajaran:

A. Aktivitas Pengampu terhadap Mentor
    1. Pengampu harus selalu melakukan komunikasi dengan mentor untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran GP Daring. Komunikasi tersebut disarankan melalui message yang tersedia dalam sistem, namun apabila memungkinkan dapat juga melalui chat di setiap sesi, pesan singkat, telepon atau e-mail
    2. Mendampingi dan memberi semangat kepada mentor dalam proses pembimbingan pembelajaran GP Daring
    3. Memastikan bahwa mentor berperan aktif dalam membimbing peserta secara daring dan luring, melalui rekaman kegiatan mentor
    4. Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan peserta yang dikirimkan mentor.
    5. Memfasilitasi kegiatan web conference dengan menyepakati jadwal web conference bersama mentor dan peserta pada sesi tersebut.
B. Aktivitas Pengampu terhadap Peserta
    1. Pengampu harus selalu melakukan komunikasi. Komunikasi tersebut disarankan melalui message yang tersedia dalam sistem, namun apabila memungkinkan dapat melalui chat di setiap sesi, pesan singkat, telepon atau e-mail.
    2. Memfasilitasi kegiatan web conference dengan menyepakati jadwal web conference bersama peserta pada sesi tersebut.
    3. Memastikan bahwa peserta melakukan setiap kegiatan yang tertuang di dalam sesi pembelajaran dengan memeriksa kemajuan peserta melalui Activity Completion secara berkala.
    4. Melaporkan hasil kemajuan peserta di setiap akhir sesi kepada Penanggungjawab kegiatan GP Moda Daring di instansi setempat.
    5. Aktif memonitor dan memfasilitasi peserta di dalam Forum Umum yang tersedia untuk mendukung dan memfasilitasi peserta berdiskusi mengenai bahasan di dalam setiap sesi.
    6. Memantau diskusi peserta pada Forum Sesi di semua sesi, jika ada jawaban dan respon dari peserta tidak sesuai baik dari segi kualitas (kesesuaian dengan pertanyaan) dan kuantitas (jumlah kata) maka pengampu dapat memberikan komentar melaluimessage yang dikirimkan langsung kepada peserta. 
    7. Memantau dan menganalisis umpan balik yang dituliskan oleh peserta sebagai gambaran efektifitas pembelajaran sesi-sesi tersebut dan tindak lanjut yang harus dilakukan terhadap masukan atau saran yang diberikan oleh peserta. 
    8. Memastikan bahwa peserta mengumpulkan setiap pekerjaan/kegiatan yang ditagihkan dan harus diunggah di dalam e-portfolio.
    9. Memberikan saran dan komentar terhadap hasil kerja/tagihan yang diunggah oleh peserta di dalam e-portfolio.
    10. Memantau refleksi yang dituliskan peserta melalui blog refleksi di setiap sesi inti dan memberikan tanggapan apabila diperlukan.
Selama kegiatan GP Moda Daring berlangsung, Pengampu juga dapat memberikan penghargaan berupa berbagai macam pin, kepada peserta yang memiliki salah satu kriteria sebagai berikut:

  1. Paling aktif melaksanakan GP Moda Daring setiap bulannya
  2. Memberikan tanggapan yang bermutu di dalam forum pada setiap sesi
  3. Paling menginspirasi selama kegiatan GP Moda Daring
  4. Paling banyak membuat blog selama kegiatan GP Moda Daring
  5. Paling baik dalam membuat blog di dalam refleksi pada setiap sesi
Demikianlah Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu dalam Pembelajaran GP Moda Daring yang perlu diketahui juga oleh mentor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar Smart Parenting: Mengelola Emosi Menjalankan Ibadah Bulan Ramadhan

Ustadz Adi Hidayat: Seputar Shalat Tahajud

Info Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dan Beasiswa Penuh

Lagu Mengharukan tentang Zuhudnya Rasulullah

Ustadz Muhammad Ardiansyah: Thalabul 'Ilmi, Tahshilul' Ilmi dan Barakatul 'Ilmi

Penerimaan Siswa Baru SMP Cendekia BAZNAS 2018/2019

Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA

Seorang Nenek Masuk Islam karena Pemberian Buku Seorang Anak