Tips dan Trik Pengampu pada Pembelajaran GP Moda Daring

Sebagai mentor perlu memahami peran yang dijalankan oleh pengampu karena mentor berperan sebagai asisten bagi pengampu. Pada moda daring kombinasi, kegiatan daring bukan hanya diikuti peserta dan pengampu, tapi juga diikuti oleh mentor.

Berikut Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran GP Moda Daring bagi pengampu pada:
  1. Web conference
  2. Chatting
  3. Forum
  4. Message
  5. Blog
  6. E-portofolio
  7. Umpan balik (smiley face)
  1. Web conference 
  • Pada saat kegiatan web conference, pengampu bertindak sebagai moderator yang memimpin kegiatan web conference.
  • Pengampu dapat mempresentasikan materi pembelajaran.
  • Pengampu dapat memberikan dan menjawab pertanyaan melalui audio atau chat.
      
Tips
    • Untuk meminimalisasi pemakaian Bandwidth, Pengampu dapat mengarahkan peserta mana yang boleh menghidupkan audio dan video agar kegiatan ini berjalan dengan lancar.
    • Untuk menghindari gangguan suara (noise dan feedback suara) pengampu disarankan menggunakan headset sebagai alat kelengkapanweb conference.
    • Pastikan browser untuk mengakses web conference telah dilengkapi dengan flash player.
    • Pengampu disarankan telah memiliki kemampuan teknis dalam melaksanakan web conference.
  1. Chatting
  • Chatting dilakukan pada setiap sesi dengan jadwal yang disepakati bersama peserta GP Moda Daring.
  • Pengampu memulai percakapan dengan kalimat sapaan agar lebih akrab.
  • Bahasa yang digunakan untuk chatting tidak terlalu formal
  • Pada kegiatan chatting pengampu dapat memberikan motivasi kepada peserta yang belum berpartisipasi aktif dalam chatting.

  1. Forum
Pada Forum Sesi pengampu dapat:
  • Melihat respon jawaban peserta  dari sisi kualitas (kesesuaian dengan pertanyaan) dan kuantitas (jumlah kata).
  • Jika jawaban tidak sesuai baik dari kualitas dan kuantitas maka pengampu memberitahukan peserta untuk memperbaikinya pada forum berikutnya melalui message.
  • Mengingatkan peserta agar jawaban dan tanggapan sesuai dengan pertanyaan di topik melalui message.
  • Memberikan penghargaan kepada peserta yang telah memberikan jawaban yang paling berkualitas dan menanggapi jawaban peserta lainnya melalui message atau badges.
  • Memberikan motivasi kepada peserta yang belum menjawab pertanyaan atau berpartisipasi aktif dalam forum dan peserta yang tanggapannya masih kurang sesuai dengan topik yang di bahas melalui message.

Pada Forum Umum:
  • Pengampu menstimulasi peserta untuk aktif di dalam forum umum dengan memberikan pertanyaan/pernyataan.
  • Pengampu memberikan semangat kepada peserta untuk saling menanggapi dan berbagi pengalaman.
  • Pengampu menanggapi pertanyaan/pernyataan peserta yang dianggap paling penting untuk ditanggapi.

  1. Message
  • Message digunakan untuk memberikan pesan perseorangan.
  • Pesan pada message dapat berupa pengumuman, himbauan, motivasi, koreksi, pemberian informasi, dan penghargaan untuk peserta.
  • Pesan pada message dapat digunakan untuk berkoordinasi dengan mentor untuk melihat keaktifan, ketercapaian, dan kualitas tagihan peserta binaannya.

  1. Blog
Blog merupakan hasil pemikiran dan refleksi peserta terhadap pengalaman belajar pada sesi.
Pengampu dapat melihat blog peserta untuk mengetahui pemikiran, refleksi, dan pengalaman peserta pada sesi tersebut. 

  1. E-Portfolio
E-Portfolio merupakan kumpulan file tagihan yang telah diunggah oleh peserta.
Pada e-portfolio pengampu dapat:
  • Memberikan komentar dan umpan balik terhadap hasil/tagihan yang diunggah oleh peserta.
  • Cara memberikan umpan balik dengan memberikan komentar di box komentar yang terdapat dalam e-portofolio.
  • Memberikan penilaian apakah tagihan berkualitas, apabila file yang diunggah belum memenuhi kualitas, kelengkapan dan keaslian maka pengampu memberikan arahan dan umpan balik balik untuk memperbaikinya.
  • Komentar yang diberikan diharapkan dapat memotivasi, dan memberikan arahan kepada peserta terhadap kelengkapan, keaslian,  dan kualitas tagihan.

  1. Umpan balik (smiley face)
Umpan balik merupakan instrumen untuk mengukur reaksi proses pembelajaran.
Pada umpan balik pengampu dapat:
  • Menganalisis smiley face untuk perbaikan pembelajaran pada sesi selanjutnya.
  • melontarkan pertanyaan mengenai hambatan di alami peserta pada sesi yang hasil analisisnya memerlukan perbaikan di forum umum.
  • Melontarkan pertanyaan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya melalui send all message.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar Smart Parenting: Mengelola Emosi Menjalankan Ibadah Bulan Ramadhan

Ustadz Adi Hidayat: Seputar Shalat Tahajud

Info Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dan Beasiswa Penuh

Lagu Mengharukan tentang Zuhudnya Rasulullah

Ustadz Muhammad Ardiansyah: Thalabul 'Ilmi, Tahshilul' Ilmi dan Barakatul 'Ilmi

Penerimaan Siswa Baru SMP Cendekia BAZNAS 2018/2019

Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA

Seorang Nenek Masuk Islam karena Pemberian Buku Seorang Anak