Contoh Penelitian Survei tentang Generasi Milenial
Contoh penelitian survei tentang generasi milenial yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM).
Berikut intisari dari paparan Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Masyarakat Millenial (LPMM) Alamsyah Wijaya mengenai hasil survei yang bertajuk “Atmosfir Politik di Mata Generasi Milenial”, Selasa (25/1).
Populasi: generasi milenial kelahiran 1981 hingga 2007 yang tersebar di 34 provinsi.
Sampel: 1962 orang.
Teknik pengambilan sampel: multistage random sampling
Waktu survei: 3-19 Januari 2022
Teknik pengumpulan data:
Margin of error survei 2,23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Hasil penelitian:
69,6 persen mengaku bosan dengan perdebatan politik. Ini lantaran elite politik dan penggembira saling menyudutkan satu sama lain.
Persepsi generasi milenial itu juga tidak lepas dari pesta demokrasi 5 tahunan yang terus menerus disuguhkan adu argumen, baik dalam ruang diskusi maupun saling singgung lewat media jurnalis maupun medsos.
“Sekarang hanya 24,7 persen generasi milenial merasa suka dan mayoritas mengatakan bisa jadi hiburan saat santai. Sisanya 5,3 persen tidak memberikan jawaban saat dilakukan survei,” urainya.
Di satu sisi, survei LPMM ternyata menemukan bahwa sebanyak 91,7 persen generasi milenial menyatakan sudah muak dan pusing melihat pelbagai pencitraan para pejabat negara dan politik yang punya hasrat nyapres. Sikap ini jadi identitas kebanyakan milenial.
“Sehingga bagi mayoritas generasi milenial, pemimpin era milenial haruslah melek teknologi dan tahu keinginan rakyat,” tutup Alamsyah.
(RMOL)
Komentar
Posting Komentar