Mengenal Learning Tools

Learning Tools merujuk pada berbagai alat atau media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Learning tools bisa berbentuk:


Digital/Online Tools:


Quizlet – untuk membuat flashcard dan kuis interaktif.


Kahoot – untuk kuis berbasis game.


Google Classroom – untuk manajemen kelas online.


Edmodo, Moodle – platform pembelajaran online.


Duolingo – untuk belajar bahasa.


ChatGPT – untuk membantu pemahaman materi, brainstorming, dll.


Non-Digital Tools:


Buku teks, modul, kartu belajar, papan tulis, dll.


Asistif Tools:


Untuk siswa berkebutuhan khusus, seperti pembaca layar, teks ke suara, atau keyboard khusus.


Learning Tools yang Digunakan di Finlandia dan Negara Maju:

1. Kahoot!

  • Asal: Norwegia

  • Fungsi: Platform kuis berbasis game yang sering digunakan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

  • Populer di: Finlandia, Norwegia, Amerika Serikat, dan banyak negara lainnya.

2. Seesaw

  • Fungsi: Portofolio digital siswa yang memungkinkan guru, siswa, dan orang tua berkolaborasi.

  • Digunakan untuk: Penilaian formatif, dokumentasi proses belajar, dan umpan balik.

  • Populer di Finlandia, khususnya di sekolah dasar.

3. Google for Education

  • Termasuk Google Classroom, Google Docs, dan Google Meet.

  • Banyak sekolah Finlandia dan Eropa menggunakannya untuk pembelajaran jarak jauh, kolaborasi, dan tugas daring.

4. Moodle

  • Platform LMS (Learning Management System) open-source.

  • Banyak digunakan di universitas dan juga beberapa sekolah menengah di Finlandia untuk mengelola materi pelajaran dan penilaian.

5. Microsoft Teams for Education

  • Banyak digunakan di sekolah menengah dan universitas untuk pembelajaran kolaboratif dan komunikasi antar guru-siswa.

6. Claned (Asal Finlandia)

  • Platform pembelajaran adaptif buatan Finlandia yang menggunakan data untuk mempersonalisasi pengalaman belajar siswa.

  • Banyak digunakan di sekolah dan pelatihan profesional.

7. Eduten Playground (Asal Finlandia)

  • Platform matematika digital berbasis AI yang digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika.

  • Dikenal karena pendekatannya yang menyenangkan dan berbasis permainan.


🔍 Ciri-ciri Umum Penggunaan Learning Tools di Finlandia:

  • Personalized learning: Teknologi digunakan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kecepatan dan minat siswa.

  • Collaborative learning: Tools seperti Seesaw dan Google Docs mendukung kerja sama.

  • Student-centered: Guru berperan sebagai fasilitator, bukan hanya pemberi materi.

  • Digital well-being: Ada perhatian khusus pada penggunaan teknologi yang sehat, tidak membuat siswa kecanduan atau stres.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kisi-kisi Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Sosiologi Kelas X

Konflik Partai Golkar Terburuk

Konflik Poso

Konflik Partai Golkar

Konflik Tawuran Di Sma 70

Konflik Dayak dan Madura

Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Local Context

Konflik Partai Golkar

Re: penyimpangan sosial : TAWURAN