Latihan Soal UN Penelitian Sosial

1. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Menarik dan penting untuk diteliti
(2) Dapat diperoleh data yangn relevan
(3) Menciptakan peluang bisnis bagi dirinya
(4) Mengubah fakta berdasarkan kenyataan
Yang termasuk pertimbangan peneliti dalam menentukan topik penelitian adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

2. Sekelompok siswa kelas XII IPS sebuah SMA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir angkutan kota guna memperoleh data mengenai tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungannya, lama bekerja dalam sehari, pendapatan kotor, jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan, dan lain – lain. Dilihat dari cara memperolehnya, data tersebut termasuk jenis ….
A. sekunder
B. kualitatif
C. primer
D. nominal
E. kuantitatif

3. Jika semua objek penelitian dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel, maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah …
A. proportional sampling
B. purposive sampling
C. quota sampling
D. cluster sampling
E. random sampling

4. Peneliti melakukan penelitian dengan sampel dari kelas X sebanyak 20 siswa, kelas XI sebanyak 20 siswa, dan kelas XII sebanyak 40 siswa karena siswa kelas XII dua kali lebih banyak. Sampel yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah …
A. acak
B. area
C. strata
D. proporsional
E. insidental

5. Melalui pengamatan yang baik seorang siswa peneliti melakukan terhadap pemalsuan air minum mineral merk tertentu siswa tersebut berhasil mengungkapkan jaringannya dan pihak –pihak yang terlibat deskripsi tersebut mengidentifikasikan jenis penelitian ….
A. deskriptif
B. korelatif
C. komparatif
D. studi kasus
E. survei

6. Seorang peneliti meneliti upacara adat di Minangkabau, ia berada dan ikut dalam prosesi di acara tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat, hal itu menunjukkan contoh pengumpulan data dengan cara ….
A. studi kepustakanaan
B. angket / kuesioner
C. observasi partisipasi
D. wawancara
E. dokumentasi

7. Beberapa ciri pengumpulan data :
(1) Dapat menjangkau populasi yang banyak
(2) Kejujuran responden segera dapat diketahui
(3) Cocok bagi responden berpendidikan rendah
(4) Dapat memperoleh data yang lebih mendalam
Ciri teknik pengumpulan data di atas yang merupakan kekuatan pengumpulan data melalui interview adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

8. Perhatikan tabel pendapat siswa dalam rencana kegiatan widyawisata berikut ini !

widyawisata

Berdasarkan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa widyawisata masih perlu dilaksanakan, sebab siswa yang setuju sebanyak ….
A. 65 orang
B. 145 orang
C. 200 orang
D. 300 orang
E. 370 orang

9. Perhatikan syarat–syarat penyusunan laporan penelitian berikut !
(1) Mengacu kepada pedoman sistematika penulisan ilmiah
(2) Peneliti membuat kerangka utama materi laporan penelitian
(3) Mudah dipahami karena latar belakang pembaca berbeda – beda
(4) Memfokuskan topik penelitian yang sudah ditetapkan
Yang termasuk syarat konstruksi dalam penulisan laporan penelitian adalah nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

10. Sekelompok siswa kelas XII IPS sebuah SMA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir angkutan kota guna memperoleh data mengenai tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungannya, lama bekerja dalam sehari, pendapatan kotor, jumlah uang yang disetorkan kepada perusahaan, dan lain – lain. Dilihat dari cara memperolehnya, data tersebut termasuk jenis data ….
A. sekunder
B. kualitatif
C. primer
D. nominal
E. kuantitatif
11. Topik penelitian yang dipilih harus memenuhi persyaratan, yaitu bermanfaat dan dalam jangkauan kemampuan peneliti.
Persyaratan tersebut bertujuan agar kegiatan penelitian ….
A. dapat dilakukan dengan baik
B. dilaksanakan dalam waktu singkat
C. tidak mengeluarkan biaya yang besar
D. mengacu pada persyaratan akademis
E. dapat dipublikasikan ke masyarakat

12. Perhatikan cirri teknik pengumpulan data berikut !
1. Dapat digunakan untuk menjangkau populasi yang besar
2. Mampu menggali informasi secara lebih mendalam
3. Sangat tepat untuk subjek yang mampu berkomunikasi lisan
4. Dapat dilakukan secara serempak dalam waktu yang bersamaan
Yang termasuk kelebihan dari teknik interview adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

13. Table Anggaran Pendidikan ( Koran 16-8-2008 )

anggaran

Berdasarkan table tersebut, kenaikan anggaran tertinggi terjadi pada tahun ….
A. 2005
B. 2006
C. 2007
D. 2008
E. 2009
14. Penelitian tentang prestasi belajar melibatkan seluruh siswa kelas X, XI, dan XII sebagai populasi. Peneliti mengelompokkan siswa ke dalam kelompok berprestasi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampling yang tepat digunakan oleh peneliti adalah ….
A. random/acak
B. cluster/kelompok
C. area/wilayah
D. stratified/tingkatan
E. purposive/bertujuan
15. Dalam suatu penelitian, peneliti terlibat langsung mengikuti aktivitas objek yang diteliti. Sambil mengamati dan melakukan wawancara untuk mendapatkan data, peneliti bergabung dalam kelompok yang dijadikan sumber data. Teknik pengumpulan data tersebut dinamakan ….
A. interview berstruktur
B. inquiry alamiah
C. observasi simulasi
D. observasi partisipatif
E. analisis media massa
16. Penulisan atau penyusunan laporan hasil penelitian sosial sangat berguna bagi siswa peneliti dalam berpikir objektif, karena ….
A. mendapatkan data empiris tentang kehidupan sosial
B. mengajarkan teknik penulisan laporan penelitian
C. melatih siswa mengembangkan ilmu pengetahuan
D. memberikan pengetahuan mengenai penelitian
E. membiasakan penggunaan bahasa yang efektif
17. Ani melakukan penelitian tentang pengaruh televisi terhadap penurunan prestasi belajar siswa SMA. Ia memberi instrumen penelitian kepada sejumlah siswa tanpa melihat kelas, tingkat kepandaian, usia, jenis kelamin, maupun penghasilan orang tua.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan Ani adalah ....
• A. random sampling
• B. stratified sampling
• C. cluster sampling
• D. area sampling
• E. probability sampling
18. Norman melakukan penelitian tentang penyebab kesulitan belajar siswa SMA tempat ia bersekolah. Kenyataan yang dilihat dan melatarbelakangi adalah teman-temannya belum optimal dalam belajar karena rendahnya motivasi belajar, atau kekurangan bahan sumber belajar, atau banyaknya beban tugas rumah dan setiap pengajar, atau tayangan televisi lebih menarik daripada membaca buku.
Latar belakang penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan cara berpikir ....
• A. faktual
• B. rasional
• C. kompeten
• D. emosional
• E. komprehensif
19. Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah ....
• A. jawaban angket terbatas dibandingkan dengan wawancara
• B. angket lebih mudah memperoleh responden daripada wawancara
• C. angket dapat menjangkau responden yang banyak daripada wawancara
• D. jawaban angket lebih mendalam dibandingkan wawancara
• E. angket mudah diperbanyak sesuai kebutuhan daripada wawancara
20. Data jumlah kelulusan siswa SMA

kelulusan

Dari grafik di atas, dapat diperoleh informasi bahwa ....
• A. siswa laki-laki lebih berprestasi
• B. siswa wanita lebih rajin dalam belajar
• C. jumlah siswa SMA lebih banyak wanita
• D. jumlah lulusan SMA lebih banyak wanita
• E. jumlah siswa SMA laki-laki semakin banyak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kontravensi : Kampanye Hitam (Black Campaign)

Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

SOP ODOJ Baru, Oktober 2014

Mengenal Sosiologi

Alhamdulillah, Blog Sosiologi SMA Masuk Final Lomba Blog Guru Kota Depok Mei 2014

Ayo Ikuti Lomba Blog Guru, KIM, dan Inovasi TIK Kota Depok Mei 2014

Seminar dan Launching Sahabat Beasiswa Chapter Depok�

Cara Boikot Channel TV Anti Islam

Murid TK juga Suka Menonton Film Taare Zameen Par