Penjelasan Umum Kegiatan GP Daring Modul Kelompok Kompetensi F

Pengantar

Guru dan tenaga kependidikan adalah tenaga profesional, yang di dalam menjaga keprofesiannya memuat setidaknya tiga komponen kegiatan guru dan tenaga kependidikan yang harus terus menerus dilaksanakan, yaitu :

a. Uji Kompetensi Guru yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa guru telah memiliki standar minimal kompetensi profesional dan pedagogik. Hasil uji kompetensi guru digunakan juga sebagai penentu kelompok kompetensi pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam rangka melaksanakan pembelajaran berkelanjutan.
b. Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan (PKTK) yang harus diikuti setiap tahun untuk memastikan tingkat kompetensi yang dimiliki apakah telah sesuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan atau tidak. Jika hasil penilaian kinerjanya di bawah standar, guru dan tenaga kependidikan dipersyaratkan untuk mengikuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
c. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), adalah kegiatan keprofesian yang wajib dilakukan secara terus menerus oleh guru dan tenaga kependidikan agar kompetensinya terjaga dan terus ditingkatkan, salah satunya adalah melalui Kegiatan Pengembangan Diri dengan mengikuti pelatihan (diklat) oleh lembaga pelatihan tertentu sesuai dengan jenjangnya, salah satu contohnya dengan mengikuti Guru Pembelajar Online.
Modul yang digunakan dalam kegiatan Guru Pembelajar Online ini dikembangkan dari Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Saudara dalam kompetensi profesional dan pedagogik dengan materi 1) Ciri-Ciri Perubahan Sosial, 2) Faktor yang mempengaruhi perubahan sosial, 3) Teori dan dampak perubahan sosial, 4) Penilaian Pembelajaran.

Selama mengikuti kegiatan Guru Pembelajar Online ini, Saudara diharapkan mampu untuk membangun pengetahuan dan memecahkan masalah secara bersama-sama (konstruktivisme sosial) dengan mengkaji berbagai dokumen, berdiskusi, dan berbagi informasi serta pengalaman antar sesama tenaga pendidik atau bersama mentor dan pengampu.

Target Kompetensi

Target Kompetensi yang diharapkan dari Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F adalah mampu :
  1. Mengidentifikasi ciri-ciri perubahan sosial
  2. Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi perubahan sosial
  3. Menganalisis teori dan dampak perubahan sosial
  4. Menganalisis penilaian pembelajaran

Hasil Belajar

Setelah mempelajari modul ini, Saudara diharapkan mampu :
  1. Menjelaskan pengertian perubahan sosial
  2. Menjelaskan dimensi-dimensi perubahan sosial
  3. Mengidentifikasi ciri-ciri perubahan sosial
  4. Menjelaskan pengaruh geografis terhadap perubahan sosial
  5. Menjelaskan pengaruh  teknologi terhadap perubahan sosial
  6. Menjelaskan pengaruh  ideologi terhadap perubahan sosial
  7. Menjelaskan pengaruh populasi penduduk terhadap perubahan sosial
  8. Menjelaskan faktor-faktor dari dalam masyarakat yang mempengaruhi perubahan sosial
  9. Menjelaskan faktor-faktor dari luar masyarakat yang mempengaruhi perubahan sosial.
  10. Menjelaskan faktor pendorong perubahan sosial
  11. Menjelaskan faktor penghambat perubahan sosial
  12. Mengidentifikasi bentuk- bentuk perubahan sosial
  13. Melalui menjelaskan teori perubahan sosial evolusi.
  14. Mengidentifikasi teori konflik dalam  perubahan sosial
  15. Menjelaskan teori  fungsional dalam perubahan  sosial
  16. Menjelaskan teori siklus dalam perubahan sosial
  17. Menjelaskan teori pembangunan dalam perubahan sosial
  18. Menjelaskan dampak positif perubahan sosial
  19. Menjelaskan dampak negatif perubahan sosial
  20. Menjelaskan pengertian penilaian
  21. Menjelaskan Objek  dan Subjek Penilaian
  22. Menjelaskan Fungsi Penilaian
  23. Menjelaskan Prinsip Penilaian
  24. Mengidentifikasi Karakteristik Penilaian
  25. Mengidentifikasi  Ruang Lingkup Penilaian
  26. Mengidentifikasi Mekanisme Penilaian
  27. Menjelaskan landasan yuridis konstitusional pelaksanaan penilaian autentik.
  28. Menjelaskan tuntutan Kurikulum 2013 melaksanakan Penilaian Autentik
  29. Menjelaskan hubungan pembelajaran autentik dengan penilaian autentik.
  30. Menjelaskan penilaian autentik mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
  31. Menjelaskan hubungan penilaian autentik dengan ketuntasan belajar
  32. Menjelaskan pelaksanaan penilaian autentik dengan menggunakan berbagai instrumen.
  33. Menjelaskan macam-macam Instrumen Penilaian
  34. Mengidentifikasi instrumen penilaian aspek sikap
  35. Mengidentifikasi insrumen penilaian pengetahuan
  36. Mengidentifikasi instrumen penilaian keterampilan

Prinsip Penilaian Peserta

Penilaian dalam Guru Pembelajar Online Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian hasil belajar dan tingkat penguasaan materi, baik pada ranah pengetahuan maupun keterampilan, yang telah dipelajari. Hasil penilaian tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kekurangan serta memperkaya materi secara mandiri.
  1. Penilaian pada ranah Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan didasarkan pada nilai Post Test yang akan Saudara peroleh setelah melakukan Post Test di Sesi Penutup dan penilaian yang diperoleh dari tagihan-tagihan yang bersifat kognitif. 
Nilai pengetahuan diperoleh dari rata-rata nilai post test dan tagihan, dengan kriteria penilaian pengetahuan yang diperoleh.
2. Penilaian pada ranah keterampilan
Penilaian pada ranah keterampilan diperoleh dari tagihan-tagihan yang sifatnya keterampilan (unjuk kerja), dengan merujuk pada indikator penilaian keterampilan yang dibuat untuk menilai setiap tagihan yang harus diselesaikan.
Pengampu atau mentor akan melakukan penilaian profesional terhadap keterampilan tenaga pendidik (guru) berdasarkan bukti fisik dari tagihan-tagihan spesifik pada materi pembelajaran dan praktek profesional di tempat kerja, yang diselesaikan dalam waktu offline.
Pada akhir pembelajaran Guru Pembelajar Online, Saudara harus melakukan Penilaian Diri untuk menilai ketercapaian kompetensi yang dipersyaratkan. Penilaian diri ini, akan menjadi salah satu penentu KOMPETEN dan TIDAK KOMPETEN nya Saudara setelah mengikuti Guru Pembelajar Online.

Tagihan

Selama mengikuti Guru Pembelajar Online, Saudara harus melaksanakan serangkaian kegiatan. Sebagai bukti bahwa Saudara telah melaksanakan kegiatan tersebut, Saudara harus melaksanakan tugas dan menunjukkan tagihan yang dipersyaratkan.Tugas dan tagihan tersebut adalah:
  1.  Tes Formatif di setiap akhir sesi
  2. Tes sumatif di sesi penutup
  3.  Tagihan dalam bentuk Lembar Kerja (LK), terdiri dari:
  • LK 1.1 tentang Ciri-Ciri Perubahan Sosial
  • LK 2.1 tentang Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial
  • LK 2.1 tentang Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial
  • LK 3.1 tentang Teori Perubahan Sosial
  • LK 3.2 tentang Dampak Perubahan Sosial
  • LK 4.1 tentang Penilaian Hasil Pembelajaran
  • LK 4.2 tentang Pelaksanaan Penilaian Autentik
  • LK 4.3 tentang Instrumen Penilaian Pembelajaran

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipahami oleh para peserta GP Moda Daring terkait dengan beberapa kegiatan yang dijalankan.



Komentar