Saran dan Cara Penggunaan Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F


  1. Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F ini dirancang untuk menciptakan pengalaman dan kesempatan belajar. Peserta diklat (guru) tidak hanya aktif belajar tetapi juga membantu peserta lain dalam belajar. Modul ini juga dirancang agar peserta diklat (guru) dapat mempelajarinya secara mandiri, melakukan berbagai aktivitas belajar, serta mengerjakan tugas-tugas atau latihan berdasarkan pemahaman yang dibangun dari diri sendiri. Peserta Guru Pembelajar online dituntut untuk belajar secara mandiri tanpa harus memerlukan bantuan optimal dari mentor atau pengampu
  2. Modul ini dikembangkan berdasarkan target kompetensi yang harus dicapai melalui pembelajaran berbasis aktifitas karena kompetensi ini berhubungan langsung dengan pekerjaan Saudara sebagai guru yang berkewajiban untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki kepada peserta didik.
  3. Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F memuat pembelajaran tentang :
    1. Ciri-ciri Perubahan Sosial
    2. Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sosial
    3. Teori dan Dampak Perubahan Sosial
    4. Penilaian Pembelajaran

  1.  Modul ini terdiri dari 3 sesi, yaitu Sesi Pendahuluan, Sesi Inti dan Sesi Penutup. Alokasi waktu yang diberikan untuk mempelajari modul ini adalah 60 JP. Pada sesi pendahuluan, Saudara akan berkenalan dengan pengampu dan mentor, mendapatkan penjelasan singkat tentang ruang lingkup materi yang akan dipelajari, mendapatkan penjelasan umum modul guru pembelajar online dan mempelajari alur kegiatan pembelajaran online. Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 45. menit) selama 4 minggu. Pada sesi inti, Saudara akan mengikuti forum diskusi dan terlibat aktif dalam berbagai ide dengan peserta lain. Sesi penutup terdiri dari kesimpulan, pelaporan, pemberian umpan balik, post test, penilaian diri (self assessment) dan evaluasi peserta.

  1. Selama mengikuti pembelajaran, Saudara dan tenaga pendidik lainnya bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga tercipta iklim pembelajaran yang konstruktivisme. Dalam pembelajaran konstruktivisme, Saudara membangun makna dan pemahaman dengan adanya keterlibatan berbagai ide melalui diskusi dan berbagi pengalaman dengan tenaga pendidik lain.
  2. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca Penjelasan Umum Modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pengetahuan, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan. Pada akhir dari kegiatan ini, Saudara akan dinilai oleh mentor atau pengampu, dengan menggunakan rubrik dan format penilaian yang telah ditentukan.
  3. Selama mempelajari modul Sosiologi Kelompok Kompetensi F Saudara bersama tenaga pendidik yang lain akan mengenal modul ini secara umum serta menyiapkan dasar pengetahuan dan pengalaman Saudara sebagai bahan melaksanakan kegiatan pembelajaran di Sekolah/madrasah. Pada saat offline, Saudara menerapkan kegiatan pembelajaran di tempat tugas Saudara, baik secara mandiri atau dengan didampingi oleh mentor.
  

Komentar