Alur Pelatihan NICE Indonesia
Alur pelatihan NICE Indonesia
1. GAME: Permainan tebak nama.
a. Pemandu mentukan nama seseorang dalam benaknya.
b. Pemandu memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan 10 pertanyaan.
b. Peserta memberikan pertanyaan kepada pemandu untuk mengorek keterangan tentang seseorang tersebut. Pemandu menjawab dengan ya atau tidak.
(Itu contoh simulasi pertanyaan mengarah/untuk mencapai Learning Outcomes)
2. BACA AL-FATIHAH
3. EVALUASI: Peer quiz
a. Pembentukan 3 kelompok dengan
aturan yang terakhir makan es krim.
b. Tiap kelompok buat 2 soal.
c. Kirim soal ke 2 kelompok lain, masing-masing dapat 1 soal.
d. Tiap kelompok jawab soal.
e. Kelompok yang memberi soal menilai.
(Angka bukan tujuan utama. Yang penting proses. Bagian cooperative learning. Bisa untuk probing dan assesing. Pendidikan bukan kompetisi.
4. FEEDBACK
Feedback refleksi tugas kemarin: Apa yang disukai dan apa yang belum jelas.
5. GAME: Tik Tak Tuk
Berpasangan.
Instruksi cepat.
Pending
6. MATERI: P LO (Paralel Learning Outcomes) (40')
Ulang materi LO. Attitude utamakan.
Arti P LO: tambahan LO tapi tidak terkait langsung dengan materi. Bisa A, S, atau K. Dirancang dari awal.
Contoh:
- LO: ciri makhluk hidup
P LO: presentasi
- LO: melipat baju
P LO: bantu teman (peduli)
Menambahkan tugas LO sebelumnya dengan P LO.
Presentasi.
7. GAME : Tik Tak Tuk (2)
Evaluasi kenapa tidak bisa. Pelan-pelan.
Tik tik tak tak
Tik tik tuk tuk
Tik tak tik tuk
Tik tik tak tuk
================
RIVIEWING
Bagaimana perasaan?
....bertahap
==> DOMAIN SEQUENCING
LINKING DAN SUMMARIZING: FIRS
8. Sequencing
a. Structuring: membagi materi
Sequencing: kegiatan
Contoh:
Hafal ayat 1-5 bersama guru.
Hafal ayat 6-10 kelompok.
REVIEWING
Buat kreasi game tak tik tuk.
Bagaimana perasaannnya? ....
Karena apa? ....S
Komentar
Posting Komentar