Alur Pelatihan NICE Indonesia

Alur pelatihan NICE Indonesia

1. GAME: Permainan tebak nama.

a. Pemandu mentukan nama seseorang dalam benaknya. 

b. Pemandu memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan 10 pertanyaan.

b. Peserta memberikan pertanyaan kepada pemandu untuk mengorek keterangan tentang seseorang tersebut. Pemandu menjawab dengan ya atau tidak.

(Itu contoh simulasi pertanyaan mengarah/untuk mencapai Learning Outcomes)

2. BACA AL-FATIHAH

3. EVALUASI: Peer quiz

a. Pembentukan 3 kelompok dengan 

aturan yang terakhir makan es krim.

b. Tiap kelompok buat 2 soal.

c. Kirim soal ke 2 kelompok lain, masing-masing dapat 1 soal.

d. Tiap kelompok jawab soal.

e. Kelompok yang memberi soal menilai.

(Angka bukan tujuan utama. Yang penting proses. Bagian cooperative learning. Bisa untuk probing dan assesing. Pendidikan bukan kompetisi.

4. FEEDBACK

Feedback refleksi tugas kemarin: Apa yang disukai dan apa yang belum jelas.

5. GAME: Tik Tak Tuk

Berpasangan.

Instruksi cepat. 

Pending

6. MATERI: P LO (Paralel Learning Outcomes) (40')

Ulang materi LO. Attitude utamakan.

Arti P LO: tambahan LO tapi tidak terkait langsung dengan materi. Bisa A, S, atau K. Dirancang dari awal. 

Contoh:

- LO: ciri makhluk hidup

P LO: presentasi

- LO: melipat baju

P LO: bantu teman (peduli)

Menambahkan tugas LO sebelumnya dengan P LO.

Presentasi.

7. GAME : Tik Tak Tuk (2)

Evaluasi kenapa tidak bisa. Pelan-pelan.

Tik tik tak tak

Tik tik tuk tuk

Tik tak tik tuk

Tik tik tak tuk

================

RIVIEWING

Bagaimana perasaan?

....bertahap

==> DOMAIN SEQUENCING

LINKING DAN SUMMARIZING: FIRS


8. Sequencing

a. Structuring: membagi materi

Sequencing: kegiatan

Contoh:

Hafal ayat 1-5 bersama guru.

Hafal ayat 6-10 kelompok.

REVIEWING

Buat kreasi game tak tik tuk.

Bagaimana perasaannnya? ....

Karena apa? ....S








Komentar