Mengenal Taksonomi Anderson dan Krathwohl

 Taksonomi Anderson dan Krathwohl membagi ranah kognitif menjadi enam level yang disusun dari yang paling rendah hingga paling tinggi, yaitu:

  1. Remembering (Mengingat)

    • Mengingat kembali informasi yang sudah dipelajari.

    • Kata kerja: menghafal, menyebutkan, mengidentifikasi, mencocokkan, dll.

  2. Understanding (Memahami)

    • Memahami makna dari informasi.

    • Kata kerja: menjelaskan, merangkum, mengklasifikasi, menafsirkan.

  3. Applying (Menerapkan)

    • Menggunakan informasi dalam konteks baru atau situasi nyata.

    • Kata kerja: menggunakan, menjalankan, melaksanakan, menunjukkan.

  4. Analyzing (Menganalisis)

    • Menguraikan informasi menjadi bagian-bagian dan memahami strukturnya.

    • Kata kerja: membandingkan, mengorganisasi, membedakan, menelaah.

  5. Evaluating (Mengevaluasi)

    • Membuat penilaian berdasarkan kriteria tertentu.

    • Kata kerja: menilai, mengkritik, mempertimbangkan, membenarkan.

  6. Creating (Mencipta)

    • Menggabungkan elemen-elemen untuk membentuk sesuatu yang baru.

    • Kata kerja: merancang, membangun, menyusun, merumuskan.

Taksonomi ini sangat berguna dalam merancang tujuan pembelajaran, soal ujian, atau instrumen penelitian pendidikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kisi-kisi Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Sosiologi Kelas X

Konflik Partai Golkar Terburuk

Konflik Poso

Konflik Partai Golkar

Konflik Tawuran Di Sma 70

Konflik Dayak dan Madura

Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Local Context

Konflik Partai Golkar

Re: penyimpangan sosial : TAWURAN